Tutorial PLC : Pemrograman Timer pada PLC Omron

By | 17/01/2017

Artikel ini membahas tentang Tutorial PLC Omron tentang pengoperasian Timer pada Ladder diagram, bagaimana pengaturan waktu dan pengalamatannya.

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Anda tentu pernah melihat lampu lalu lintas yang bisa kita jumpai di jalan raya. Setiap set lampu lalu-lintas memiliki 3 lampu utama yaitu Merah, Kuning dan Hijau. Ketiga lampu tersebut menyala secara bergantian dengan durasi waktu tertentu. Hal ini berarti ada sebuah sistem kontrol/kendali yang membuat mereka menyala sebagai contoh seperti ini, Merah menyala sekian detik, kemudian Merah mati dan Kuning menyala sekian detik, kemudian kuning mati dan Hijau menyala sekian detik. Terdapat perbedaan pengaturan waktu jeda setiap lampu, dalam pemgrogramman sering disebut dengan delay atau penundaan. Begitu juga pada PLC terdapat instruksi untuk menunda untuk menyalakan atau mematikan sebuah relay/coil yang disebut dengan Timer.

Baca : Rangkaian Kendali Dasar Sistem Otomasi

Timer sebenarnya bisa dikatakan bentuk modifikasi dari relay/coil. Silakan baca pada Perangkat Kendali Dasar Sistem Otomasi. Perbedaan mendasarnya, jika relay diberi tegangan/perintah maka akan akatif saat itu juga, demikian juga dengan kontak-kontak yang terdapat pada relay tersebut. Pada Timer, saat diberi tengangan atau perintah maka tidak serta-merta aktif, tetapi menunggu dulu selama beberapa waktu (sesuai dengan nilai setting/pengaturan yang diberikan). Setelah jeda nilai pengaturan tersebut tercapai, coil Timer akan aktif sehingga kontak-kontak pada Timer juga akan aktif. Berikut adalah Diagram waktu sebuah Timer yang paling umum.

Timer Time Chart PLC Omron tutorial PLC

Setiap brand PLC memiliki cara pengalamatan dan metode tersendiri dalam penggunaan instruksi Timer. Pada tutorial PLC ini akan mengambil contoh penggunaan Timer pada PLC Omron tipe CP1E CPU E20. Saya sengaja mengambil contoh spec terendah dengan asumsi pemanfaatan yang paling sederhana. Untuk spec yang lebih tinggi moleh jadi memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap. Tipe PLC ini memiliki 256 register Timer mulai dari 000-255. Jumlah yang saya rasa cukup untuk digunakan dalam pemrograman sistem sederhana.

Berikut ini adalah blok pengaturan instruksi Timer pada PLC Omron CP1E.

Pengaturan Instruksi Timer PLC Omron tutorial PLC

SET Value yang umum digunakan pada Timer adalah tipe BCD, sehingga nilai pengaturan dapat diatur mulai 0000 hingga 9999. Pengaturan nilai ini bersifat konstan atau fix. Tidak banyak tutorial PLC yang membahas bahawa jika kita menginginkan nilai Set Value yang dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan, kolom Set value bisa  kita isi dengan alamat register tertentu seperti  DM (Data memory). Sehingga dengan mengubah nilai yang terdapat pada DM tersebut, kita bisa mengubah-ubah pengaturan Timer. Pembahasan mengenai Data Memory akan ada pada artikel – artikel berikutnya.

Baca juga: Pemetaan Memori pada PLC

Pada PLC Omron terdapat 2 jenis Timer dasar yang paling sering digunakan, setidaknya dalam proses belajar. Karena jika sudah sering menangani project dengan kerumitan yang tinggi, jenis Timer yang lain boleh jadi juga digunakan.  2 jenis Timer dasar tersebut adalah TIM dan TIMH. Anda bisa membuka Help pada bagian atas CX Programmer, kemudian pilih tipe PLC yang sesuai. Pada layar Instruction List silakan pilih Timer and Counter. Berikutnya buka TIM lalu TIMH.

Help PLC Omron tutorial PLC

Keduanya memiliki fungsi dan pengalamatan yang sama, perbedaanya ada pada time base (pengali) pada Set Value. TIM memiliki pengali 100ms (0.1s) yang artinya, nilai yang anda masukkan ke dalam Set Value akan dikalikan dengan 0.1s. Sehingga jika anda ingin menunda Timer selama 5 detik, maka set value nya adalah 50. Dengan melihat set value 0 – 9999, maka TIM memiliki pengaturan waktu penundaan antara 0,1 s hingga 999,9 s. Sedangkan TIMH memiliki Set value yang lebih rinci yaitu 10ms (0,01s). TIMH bisa dijadikan alternatif saat ingin memberikan penundaan waktu di bawah 0,1 s.

Demikian tutorial PLC tentang Timer pada PLC Omron ini, semoga bermanfaat.

Download Software Simulasi PLC

7 thoughts on “Tutorial PLC : Pemrograman Timer pada PLC Omron

    1. Eka Samsul Post author

      Mari lah kemari hei kawan, belajar di rumah ane.. hehehe…

      Reply
    1. Eka Samsul Post author

      Saya ada di dekat Gunadarma Kelapa Dua Depok,jika ada yg mau ditanyakan silakan hubungi ke no HP untuk respon lebih cepat.

      Reply
  1. Suroto

    Wah keren materinya pak Samsul, bahasanya jg enak dan sangat mudah di pahami oleh pemula seperti saya, baru mulai belajar nih.. Ijin copas pak, buat bacaan sehari2, bkn buat komesial gpp kan?

    Reply
    1. Eka Samsul Post author

      Terima kasih apresiasinya pak suroto. Saya masih banyak kekurangan,masih belajar juga. Mohon masukkannya juga.

      Semoga bermanfaat bwt yg mau belajar PLC.

      Reply
  2. widagdo

    Pak mau tanya nih..bagaimana setting instruksi TIML…mihon tutorialnya bisa di posting secepatnya ya?? Mksh..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *