Penyambungan Sensor Analog pada PLC Omron Modular

By | 28/08/2017

Artikel membahas tentang cara penyambungan sensor analog pada PLC Omron Modular. Sensor analog adalah sensor yang hasil pendeteksiannya dikeluarkan berupa rentang nilai tertentu dalam bentuk tegangan dan arus listrik, untuk tegangan 0 – 5 V, 1 – 5 V, 0 – 10 V, -10 – +10 V sedangkan untuk arus adalah 4 mA hingga 20 mA.

Baca juga : BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Baca juga : Perbedaan Sensor Digital dan Sensor Analog

Cara penyambungan sensor analog pada PLC adalah melalui modul Analog to Digital Converter (ADC). Yaitu perangkat pengubah sinyal input analog menjadi kode – kode digital. Nilai yang digital yang dihasilkan akan sesuai dengan resolusi yang dimiliki oleh modul DAC tersebut, contohnya :

  • ADC 8 bit, maka akan memiliki output 8 bit data digital, ini berarti sinyal input dapat dicuplik dalam 255 (2n – 1) nilai diskrit.
  • ADC 12 bit, maka akan memiliki 12 output bit data digital, ini berarti sinyal input dapat dicuplik dalam 4096 nilai diskrit.

Baca juga : Analog to Digital Converter pada PLC

PLC tipe modular memiliki cara penyambungan sensor analog pada PLC yang berbeda , karena kapasitas memori dan cara pengalamatan I/O berbeda. Artikel ini akan membahas cara penyambungan sensor analog pada PLC Omron Modular dengan menggunakan Modul CJ1W AD081. Gambar di bawah adalah konfigurasi dasar dari PLC dengan modul analognya.

Cara penyambungan sensor analog pada PLC

Baca juga : Cara penyambungan sensor analog pada PLC Compact

Channel I/O adalah adalah memory pada PLC untuk mengidentifikasi kondisi Input dan mengendalikan kondisi Output. Memory ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian seperti Basic I/O, Special I/O, Pulse I/O dan lainnya. Basic I/O adalah kelompok alamat yang digunakan untuk penyambungan Push Button, Limit Switch, sensor digital dan digital output lainnya. Alokasi memori untuk PLC Modular, contohnya tipe CJ2M CPU 11 adalah sebagai berikut:

Spesisial I/O adalah kelompok alamat yang digunakan untuk penyambungan Input analog dan output analog. Dengan demikian dapat kita lihat bahwa alamat I/O analog akan ada antara CIO 2000 hingga CIO 2859. Gambar di bawah adalah spesifikasi modul input analog:

 

Berikut ini adalah langkah – langkah cara penyambungan sensor analog pada PLC :

  1. Atur Mode Operasi Modul AD, pada dasarnya kita dapat mengatur pada posisi Off.

2. Atur pembacaan modul analog. Modul analog input memiliki 2 jenis pembacaan, yaitu membaca tegangan atau membaca arus. Pemilihan ini dapat dilakukan melalui switch yang ada di balik terminal, lepaskan terminal terlebih dahulu maka akan dapat terlihat sejumlah Dip Switch. Gambar di bawah adalah switch yang secara default (kondisi Off akan membaca tegangan).

3. Atur Unit Number pada Modul analog. Unit number ini diatur dengan cara memutar unit Number Switch, bagian atas adalah puluhan dan bawah adalah satuan. Sehingga jika kita menginginkan unit number 1, switch diatur pada posisi 0 dan switch pada posisi 1.

 

4. Ketahui Channel I/O analog yang ada pada PLC. Modul input ini memiliki 8 buah Channel. Omron telah mengalokasikan memori I/O Specialnya denga cara yang Khusus. Dirumuskan dengan 2000 + (n x 10).

Untuk lebih mudah dalam pemahaman, dari 4 digit alamat yang tertulis 2XXX, digit nomor 2 dan ketiga dari depan menunjukkan Unit Number (XX), sedangkan digit paling belakang (X) menunjukkan nomor Channel yang digunakan. Channel ini sebagai tempat penyambungan sensor analog.

5. Sambungkan sensor analog pada terminal built in analog input sesuai Channel yang dikehendaki, di bawah ini adalah contoh penyambungan sensor pada modul CJ1W AD081.

Misalnya yang kita gunakan adalah 4 channel pertama, maka alamat CIO yang akan kita dapatkan adalah Channel 1  = 2011, Channel 2 = 2012, Channel 3 = 2013 and Channel 4 = 2014.

6. Atur parameter pembacaan pada modul input analog melalui IO Table Unit Setup. Pastikan PLC dalam kondisi Work Online, Mode Program dan modul CJ1W 081 sudah terpasang pad arak PLC. Masuk ke I/O Tabel Unit Set Up, double Click, kemudian pilih Option dan Create. Kita melakukan Konfigurasi I/O secara Otomatis, dengan kata lain semua I/O yang terpadang pad arak PLC akan terbaca baik tipe maupun spesifikasi rincinya.

Baca juga : Konfigurasi PLC Modular

 

7. Kemudian masuk ke dalam Modul AD 081 untuk setting parameter pembacaan. 4 channel yang akan digunakan harus dirubah menjadi Enable (merah), dan Input signal range setting nya (biru) disesuaikan kebutuhan, lalu tekan OK.

Jika telah selesai transfer pengaturan tersebut melalui Option >> Transfer to PLC.

8. Periksa ulang. Kita dapat memeriksa apakah langkah – langkah penyambungan sensor analog pada PLC tersebut telah berhasil melalui memori. Masih dalam kondisi PLC Online dan sensor analog telah tersambung, seharusnya sudah dapat terbaca di CIO 2010 hinggan CIO 2013.

 

Untuk menampilkan memori, Double Click Memory pada Project Tree [1], Pilih display CIO [2], Klik  Monitor [3], masukkan CIO yang akan dilihat [4], lihat isi CIO 2010 hingga 2013 [5]. Secara default display pembacaan adalah Hexa, jika anda meninginkan display Decimal silakan Klik Tool Bar [10] di atas Tool Bar Monitor.

Coba gerak – gerakkan sensor analog agar nilai pembacaanya berubah, sambil dilihat CIO tersebut apakah terjadi perubahan nilai pembacaan.

Demikian cara penyambungan sensor analog pada PLC jenis Compact dengan contoh CJ2M CPU 11 dan modul analog input CJ1W AD081.

 

2 thoughts on “Penyambungan Sensor Analog pada PLC Omron Modular

  1. Handharu

    Assalamualaikum, mas admin.
    Mohon pencerahannya, kalau analog to digital converter disingkatnya di DAC atau ADC, kayaknya ada yang kurang tepat di paragraf 2 awal

    Reply
    1. Eka Samsul Post author

      seharusnya ADC, terima kasih atas koreksi nya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *