Pemindahan data PLC dengan Instruksi MOV

By | 12/05/2017

Pemindahan data PLC adalah proses pemindahan sebuah nilai/konstanta atau alamat DM tertentu (Data Sumber) dengan panjang data tertentu ke alamat DM yang lain (Data Tujuan) tanpa melakukan perubahan apa pun pada status bit Data Sumber atau dengan melakukan perubahan tertentu.

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Baca juga : Bilangan dan Data pada PLC

Prinsip dari instruksi ini adalah mengganti/menghapus nilai pada Data Tujuan dengan nilai dari Data Sumber. Perintah ini dapat dilakukan dengan Instruksi berikut :

data PLC

MOV(021) adalah instruksi untuk memindahkan data dengan kapasitas 1 word atau 16 bit, tanpa menrubah status data tersebut. Sedangkan MOVL(498) adalah instruksi untuk memindahkan data dengan kapasitas 2 Word atau 32 bit.

Perintah MOV dan MOVL dapat dilakukan dengan memilih New PLC Instruction kemudian Ketik [MOV Data_Asal Data_Tujuan]. Perhatikan Contoh dibawah ini.

data PLC

Pada Gambar di atas adalah pemindahan data 1 word Unsigned Integer, yaitu dengan cakupan data 0 – 65535. Instruksi Mov pertama memindahkan data Konstanta Desimal senilai 30 ke alamat Data Memory D0 ketika Kontak W0.00 diaktifkan. Sedangkan Instruksi MOV ke dua memindahkan nilai yang ada pada Data Memory D2 ke Data Memory D3.

data PLC

Pada Gambar di atas adalah pemindahan data 2 word Unsigned Integer, yaitu dengan cakupan data 0 – 4294967295. Di sini dapat kita lihat bahwa MOVL dapat memindahkan data yang cakupan nilainya lebih besar dari MOV. Instruksi MOVL pertama memindahkan data Konstanta Desimal senilai 400.000 ke alamat Data Memory D5 ketika Kontak W0.00 diaktifkan. Karena memiliki 2 word, maka pada Data tujuan yang sebenarnya terpakai adalah D5 dan D6. Instruksi MOVL ke dua memindahkan data dari Data Memory D10 dan  D11 (karena kapasitas 2 word) ke Data Memory D13 dan D14.

Baca juga : Konversi data pada PLC

Dua Instruksi di atas adalah instruksi pemindahan data PLC yang paling dasar. Instruksi – Instruksi pemindahan data yang lain dapat anda temukan panduannya dengan membuka Help-Instruction Reference- (pilih PLC yang sesuai), kemudian Klik pada bagian Data Movement.

Instuksi lain misalnya BSET, yaitu perintah untuk melakukan Copy Data Memory Asal ke sejumlah Data Memory Tertentu. Misalnya saya ingin melakukan Copy data yang ada di D100 untuk digandakan ke Data Memory D200 hingga D205.

data PLC

Demikian penjelasan tentang pengolahan data PLC dengan MOV, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam pemrograman PLC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *