Instruksi Perbandingan dengan Program PLC Omron

By | 07/03/2017

Instruksi perbandingan pada program PLC disediakan untuk membandingkan dua nilai data, baik data dengan panjang 1 word maupun 2 word (long data). Yang perlu dipastikan adalah 2 jenis data yang dibandingkan memiliki panjang data yang sama dan type data yang sama.

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Baca : Tipe Bilangan dan Data pada PLC

Jika tipe data yang dibandingkan tidak sama atau tidak memiliki panjang data yang sama, maka instruksi perbandingan tidak dapat dikerjakan sehingga sebaiknya kita perlu melakukan konversi data ke dalam tipe yang sesuai. Berikut ini adalah instruksi – instruksi perbandingan yang umum digunakan:

Tabel Perbandingan 1

Instruksi Perbandingan memiliki 2 komponen utama yaitu Perintah pembanding (Sama Dengan, Tidak Sama Dengan, dll) dan Output. Output tersebut akan ON saat logika program dari instruksi perbandingan itu bernilai benar. Perhatikan gambar berikut ini :

Gambar 1 program plc dasar perbandingan

Gambar di atas adalah penggunaan instruksi perbandingan dengan kondisi < (kurang dari). S1 berlaku sebagai Data Pertama sedangkan S1 sebagai Data Kedua. Logika perbandingan tersebut akan bernilai benar (True) jika S1<S2, sehingga perintah akan dilanjutkan ke logika program yang ada di belakangnya atau sebelah kanannya. Baik S1 maupun S2 dapat berupa konstanta nilai seperti #200, &23, +45 atau berupa alamat Data Memory yang memuat nilai seperti D12, D200.

Untuk memanggil Instruksi tersebut:

  1. letakkan kursor pada tempat yang diingikan
  2. Klik New PLC Intruction
  3. Masukkan perintah [> D0 D1], dalam contoh ini saya membandingkan nilai pada Data Memory 0 dengan Data Memory 1.
  4. Buat Ouput, misalkan W100.00

Maka hasilnya program PLC nya akan seperti berikut :

Gambar 2 program PLC Perbandingan 2

Output W100.00 hanya akan menyala jika logika Instruksi Perbandingan bernilai benar, yaitu nilai D0 lebih besar dari D1, selain itu W100.00 akan tetap mati.

Gambar 2 program PLC Perbandingan

Instruksi perbandingan juga dapat dikombinasikan dengan instruksi logika dasar pemrogramman dasar seperti AND dan OR. Gambar berikut contohnya :

Gambar 1 perbandingan

Gambar di atas menunjukkan Logika perbandingan digabungkan dengan logika yang lain dengan hubungan AND, sedangkan gambar berikut adalah dengan menggunakan hubungan OR.

program plc

Contohnya, saya memiliki sistem pengujian yang fungsinya untuk menyeleksi benda berdasarkan ketinggiannya. Ketinggian standar adalah 100 dengan toleransi 2. Maka nilai yang dianggap OK adalah antara 98 hingga 102. Di luar nilai itu dianggap NG.

Maka kita dapat menganggap nilai yang lebih dari atau sama dengan 98 DAN kurang dari atau sama dengan 102 adalah OK.

Berikut ini adalah contoh program PLC nya :

Gambar 3 program PLC Perbandingan 3

Sedangkan nilai kurang dari 98 ATAU lebih dari 102 adalah NG.

Gambar 3 program PLC Perbandingan 4

Gambar 3 program PLC Perbandingan 5

Demikian pembahasan tentang instruksi perbandingan data dengan menggunakan program PLC Omron. Silakan berikan komentar pada kolom komentar tentang kesan apa pun yang anda dapat dari artikel di jagootomasi.com. Atau tentang pertanyaan seputar Otomasi Industri.

Jangan ragu untuk berbagi ilmu dengan orang lain karena semakin dibagikan maka ilmu kita tidak akan berkurang, melainkan akan bertambah.

2 thoughts on “Instruksi Perbandingan dengan Program PLC Omron

    1. Eka Samsul Post author

      terima kasih

      Semoga bermanfaat

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *