Contoh Program PLC Tentang Relay dan Kontak DIFU dan DIFD

By | 03/03/2017

Saat anda belajar PLC biasanya akan mempelajari kontak atau relay saat diaktifkan/diberi supply akan segera ON dan akan terus ON selama diberi supply, lalu akan segera OFF saat supply dihentikan. Namun dalam kondisi tertentu kita memerlukan kontak yang hanya aktif dalam waktu singkat. Atau kita memerlukan suatu signal segera setelah sebuah proses berakhir. Signal dan kontak yang sifatnya seperti ini dapat kita temukan pada Relay dan Kontak Differential.

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Gambar 1 belajar PLC Perubahan Kondisi

Prinsip switching Differential adalah switching yang terjadi saat adanya perubahan kondisi suatu relay atau kontak. Karena perubahan ini terjadi pada kontak, maka hanya ada 2 kondisi perubahan yang dapat berlaku yaitu dari 0 menjadi 1 atau sebaliknya dari 1 menjadi 0.

Sesuai dengan namanya yang berarti perubahan, maka kondisi berubah itu sendiri hanya berlangsung sangat singkat. Misalnya saat sebuah kontak ditekan, durasi kontak berubah dari 0 menjadi 1 itu terjadi sangat singkat karena setelah menjadi 1 kontak akan mengalami kondisi stabil yaitu 1 (selama masih ditekan). Perubahan akan kembali terjadi saat kontak dilepaskan, yaitu perubahan dari 1 menjadi 0. Hal ini juga terjadi sangat singkat, selanjutnya tidak ada lagi perubahan karena kondisi stabil kontak yaitu 0. Durasi switching yang sangat singkat itu terjadi hanya dalam 1 Scan time. Anda dapat membaca ulang tentang Scan time pada bagian awal belajar PLC tentang prinsip kerja PLC.

Baca : Prinsip Kerja PLC

Gambar 2 Belajar PLC switching Perubahan

Oleh karena itu terdapat 2 jenis Differential, yaitu Differential Up (DIFU) dan Differential Down (DIFD). Selanjutnya akan dibahas tiap relay dan kontak differential dengan mengambil contoh pada PLC Omron. Panduan tentang pengoperasian DIFU dan DIFD dapat anda buka pada Help – Instruction Reference – (pilih PLC) misalnya CP1E, kemudian pilih Sequence Output. Jika anda kesulitan menemukan, silakan baca penjelasan berikut :

RELAY DIFFERENTIAL

Relay DIFU (Differential Up)

Differential Up atau juga dikenal dengan Perubahan Positif atau Transisi positif adalah prinsip switching kontak Relay yang terjadi saat Relay tersebut berubah kondisi dari 0 menjadi 1. Untuk mengaktifkan DIFU pada pemrogramman Ladder, tempatkan kursor pada halaman program yang anda kehendaki, lalu klik New PLC Instruction (atau ketik I).

Gambar 3 belajar PLC penulisan relay DIFU

Pada Kotak instruksi Ketik [DIFU W20.00]. Pada contoh ini saya mengaktifkan bit relay internal W20.00, anda bisa menganti dengan bit yang lain.

Relay DIFD (Differential Down)

Differential Down atau juga dikenal dengan Perubahan Negatif atau Transisi Negatif adalah prinsip switching Relay  yang terjadi saat Relay atau Kontak tersebut berubah kondisi dari 1 menjadi 0. Sama halnya mengaktifkan DIFU, untuk mengaktifkan DIFD pada pemrogramman Ladder, tempatkan kursor pada halaman program yang anda kehendaki, lalu klik New PLC Instruction (atau ketik I). Pada Kotak instruksi Ketik [DIFU W20.01].

Gambar 4 belajar PLC Penerapan DIFU DIFD

Pada gambar di atas, saat kontak I 0.00 ditekan, maka bit W20.00 akan aktif secara singkat, sehingga dapat mengaktifkan Output Q100.00. Saat Kontak I 0.01 ditekan, bit W20.01 tidak segera aktif melainkan menunggu sampai kontak I 0.01 selesai ditekan baru aktif, sehingga Output Q100.00 dimatikan.

KONTAK DIFFERENTIAL

Anda dapat langsung menerapkan prinsip differential langsung pada kontak tanpa harus menggunakan relay. Cara nya adalah dengan merubah kondisi kontak yang anda gunakan.

Cara 1, saat anda memasukkan New Contact, setelah memasukkan nama Kontak Klik Detail.

Gambar 5 Kontak DIFU dan DIFD

Lalu pilih Mode Differential, None untuk Kontak biasa, Up untuk DIFU dan Down untuk DIFD.

Gambar 6 belajar plc Kontak DIFU

Maka akan tampil hasilnya seperti ini

Gambar 7 belajar PLC Kontak DIFU

Cara 2, saat anda ingin mengubah kondisi kontak sudah lebih dulu ada, Klik kanan pada Kontak lalu pilih Differentiate, pilih None, Up atau Down.

Gambar 8 belajar plc Klik kanan Up atau Down

Gambar di bawah ini salah satu contoh yang prinsip kerja nya sama namun menggunakan 2 metode berbeda. Saat kontak I 0.02 ditekan, maka Output Q100.02 akan aktif. Saat Kontak I 0.01 ditekan, bit Output 100.3 tidak segera mati melainkan menunggu sampai kontak I 0.01 selesai ditekan.

Gambar 9 belajar plc aplikasi differential Up and down

Baca : Belajar Instruksi KEEP

Demikian pembahasan topik belajar PLC tentang instruksi DIFU dan DIFD. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang ingin belajar PLC atau belajar Otomasi.

Contoh Program dapat diunduh di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *