Cara Simulasi PLC Omron dengan CX Programmer dan CX Designer

By | 02/05/2017

Artikel ini membahas tentang cara membuat simulasi PLC yang telah dibuat pada CX Programmer atau dengan mengunakan CX Designer. Tidak sedikit mahasiswa atau orang yang baru belajar PLC penasaran dengan program yang telah dibuatnya, apakah bekerja sesuai dengan diharapkan atau tidak? Sedangkan dia tidak memiliki PLC untuk diuji coba. Oleh karena itu, adanya fitur simulasi PLC akan sangat membantu. Perhatikan gambar di bawah ini :

Baca juga : Instruksi KEEP

Gambar tersebut adalah contoh pengendalian motor Forward/Reverse dengan menggunakan tombol PB_Forward, PB_Reverse dan PB_Stop. Setelah anda membuat program pada CX Programmer seperti pada gambar di di atas, anda dapat mendemokan simulasi PLC anda dengan memilih pada Menu Simulation, lalu klik Work Online Simulator, atau dengan Shortcut CTRL+SHIFT+W.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh paket software CX One adalah software CX Designer. Kita dapat memrogram layar HMI Omron menggunakan software ini. Sehingga kita dapat melakukan pengendalian dan pemantauan alamat bit – bit pada PLC (kecuali bit Channel Input hanya aktif dengan Force ON atau diberi tegangan 24V).  ON/OFF Button dapat digunakan untuk mengaktifkan alamat tertentu dan Bitlamp dapat digunakan dengan untuk memantau kondisi bit yang sedang aktif atau non aktif.

Baca juga : HMI pada Otomasi Industri

Selain itu, CX Designer dapat digunakan sebagai simulator yang dikombinasikan dengan CX Programmer untuk menguji kerja program PLC sebelum ditransfer ke dalam PLC.  Berikut ini langkah – langkah yang perlu dilakukan :

1.Membuat Program yang akan disimulasikan pada CX Programmer

Program PLC yang dibuat tidak hanya harus benar, tetapi juga harus sesuai prinsip kerja CX Designer. Kita tidak dapat mengendalikan Channel input seperti I:0.00 dan sejenisnya dari layar HMI, sehingga perlu dibuatkan perwakilan dari alamat tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.

Baca juga: Simulasi Program PLC dengan CX Programmer

Gambar tersebut memiliki prinsip kerja yang sama dengan gambar pertama, hanya diganti internal relay W10.00, W10.01 dan W10.02.

2.Membuat Layar Simulasi di CX Designer

a. Buat Tombol Push Button

3 Push Button

Klik pada Button PB yang bertanda merah di atas, buat menjadi 3 buah.

b. Pengaturan alamat Kontak

simulasi PLC Address kontak

Double Klik pada button, kemudian sesuaikan jenis Kontak dan pengalamatannya. Jika yang anda kehendaki adalah prinsip Push Button, maka pilih Momentary. Untuk pengalamatan, pada Write Address Klik bagian Set1 kemudian isi Address Setting seperti di atas. Sesuaikan dengan kontak pada CX Programmer, misalnya W10.01.

c. Buat Lampu Indikator

Simulasi PLC Bit Lamp

Buat 2 buah bit lamp dengan memilih seperti tanda merah pada gambar di atas. Buat menjadi 2 buah sebagai indicator Forward dan Reverse.

d. Pengaturan alamat Output

Simulasi PLC Output address

Double Klik pada Bit lamp, kemudian atur Label nama dan pengalamatan lampu. Seperti saat pengaturan kontak. Pilih alamat Output yang sesuai dengan CX Programmer, misalnya 100.00.

e. Koneksi dengan CX Programmer

Simulasi PLC Online

Mulai simulasi dengan memilih Tools – Test. Pastikan anda membuka program PLC yang sesuai pada CX Programmer dan dalam kondisi Work Online Simulator.

Pilih Connect to CX Simulator, lalu Klik Start

Simulasi PLC

Atau cara yang lebih singkat dengan memilih PLC-PT Integerated Simulation, ada di sebelah Work Online Simulator pada CX Programmer atau di sebelah Test pada CX Designer.

 Selanjutnya akan tampil layar HMI sesuai yang anda desain, dan simulasi dapat dilakukan.

simulasi PLC

Anda bisa mulai menggunakan Simulasi PLC tersebut dengan menekan tombol, dan perhatikan apa yang akan terjadi pada lampu indikator tersebut? jika urutan yang anda kerjakan benar, maka nyala lampu akan sesuai dengan alamat Output yang ada di CX Programmer. Pada simulator ini memiliki kekurangan pada respon time yang masih lambat.

Demikian artikel tentang simulasi PLC Omron dengan menggunakan CX Programmer dan CX Designer, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share pada teman – teman yang juga ingin belajar Otomasi Industri.

Softfile CX Programmer dan CX Designer dapat diunduh di sini

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

5 thoughts on “Cara Simulasi PLC Omron dengan CX Programmer dan CX Designer

  1. zuhri wafa

    artikel – artikelnya sangat lengkap. Memudahkan kami untuk belajar. terimakasih pak eka samsul ……

    Reply
    1. Eka Samsul Post author

      Terima kasih,semoga bermanfaat

      Reply
  2. azzam

    mas kalau pembelajaran tentang wiringnya ada ga?
    dri mulai pemograman sampe wiring nya mas

    Reply
    1. Eka Samsul Post author

      ada pak, silakan search di web kata kunci penyambungan input plc

      Reply
  3. Elmecon

    Omron HMI NB Series sama cerdas dan setegas tampilannya. Generasi HMI baru ini memberi Anda keandalan terbaik. Tersedia dengan ukuran layar 3,5 sampai 10 inci, seri NB tidak hanya lengkap, namun juga memiliki banyak fitur desain yang luar biasa yang akan memudahkan pembuatan aplikasi HMI yang menarik.

    Baca Artikel kami disini:
    http://www.elmecon-mk.com/article/omron-hmi-nb-series/

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *