Cara Penyambungan Sensor Analog pada PLC Omron Type Compact

By | 18/08/2017

Artikel membahas tentang cara penyambungan sensor analog pada PLC Omron. Sensor analog adalah sensor yang hasil pendeteksiannya dikeluarkan bukan hanya berupa sinyal High dan Low, atau 1 dan 0 tetapi berupa rentang nilai tertentu dalam bentuk tegangan dan arus listrik, untuk tegangan 0 – 5 V, 1 – 5 V, 0 – 10 V, -10 – +10 V sedangkan untuk arus adalah 4 mA hingga 20 mA.

Baca juga : BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Baca juga : Perbedaan Sensor Digital dan Sensor Analog

Cara penyambungan sensor analog pada PLC adalah melalui modul Analog to Digital Converter (DAC). Yaitu perangkat pengubah sinyal input analog menjadi kode – kode digital. Umumnya Analog to Digital Converter digunakan sebagai antarmuka sensor – sensor analog seperti sensor jarak, sensor suhu, tekanan/berat, cahaya, kecepatan aliran dan lain sebagainya untuk dapat diproses dengan sistem komputer kemudian ditampilkan dengan menggunakan sistim digital (komputer). Nilai yang digital yang dihasilkan akan sesuai dengan resolusi yang dimiliki oleh modul DAC tersebut, contohnya :

  • ADC 8 bit, maka akan memiliki output 8 bit data digital, ini berarti sinyal input dapat dicuplik dalam 255 (2n – 1) nilai diskrit.
  • ADC 12 bit, maka akan memiliki 12 output bit data digital, ini berarti sinyal input dapat dicuplik dalam 4096 nilai diskrit.

Baca juga : Analog to Digital Converter pada PLC

PLC tipe Compact dan PLC tipe modular memiliki cara penyambungan sensor analog pada PLC yang berbeda – beda, tergantung dari jenis PLC nya. PLC tipe compact yang memiliki built in analog I/O seperti CP1H tipe CPU XA di bawah ini.

Berikut ini adalah langkah – langkah cara penyambungan sensor analog pada Built In PLC compact CP1H.

  1. Atur pembacaan modul analog. Modul analog input memiliki 2 jenis pembacaan, yaitu membaca tegangan atau membaca arus. Pemilihan ini dapat dilakukan melalui Built in analog Input switch (lihat gambar di atas pada kotak biru). Gambar di bawah adalah switch yang secara default (kondisi Off akan membaca tegangan).

  1. Ketahui Channel I/O analog yang ada pada PLC. Karena sifatnya yang built in, maka sudah ditentukan address channel I/O nya yang dapat dilihat pada data sheet PLC CP1H. terdapat 4 channel, yaitu pada alamat CIO 200,CIO 201,CIO 202 dan CIO 203 untuk input analog.

  1. Sambungkan sensor analog pada terminal built in analog input sesuai Channel yang dikehendaki, di bawah ini adalah contoh penyambungan sensor dengan channel 0 (CIO 200) dan channel 1 (CIO 201).

  1. Atur parameter pembacaan pada modul input analog melalui Setting. Pastikan PLC dalam kondisi Work Online dan Mode Program. Double Click Setting pada Program Tree yang ada di sebelah kiri, kemudian pilih Built In AD/DA. Pilih nilai resolusi yang diinginkan, 6000 atau 12000, kemudian Pilih Channel yang anda gunakan (harus sesuai dengan terminal input yang disambungi sensor), ceklis pada bagian Use, piliha range tegangan atau arus yang ingin dibaca.

  1. Jika telah selesai transfer pengaturan tersebut melalui Option >> Transfer to PLC.
  2. Kita dapat memeriksa apakah langkah – langkah penyambungan sensor analog pada PLC tersebut telah berhasil melalui memori. Masih dalam kondisi PLC Online dan sensor analog telah tersambung, seharusnya sudah dapat terbaca di CIO 200 dan CIO 201.

Untuk menampilkan memori, Double Click Memory pada Project Tree [1], Pilih display CIO [2], Klik  Monitor [3], masukkan CIO yang akan dilihat [4], lihat isi CIO 200 dan CIO 201 [5]. Secara default display pembacaan adalah Hexa, jika anda meninginkan display Decimal silakan Klik Tool Bar tampilan [10] di atas Tool Bar Monitor.

Coba gerak – gerakkan sensor analog agar nilai pembacaanya berubah, sambil dilihat CIO tersebut apakah terjadi perubahan nilai pembacaan. Demikian cara penyabungan sensor analog pada PLC jenis Compact dengan contoh CP1H XA yang memiliki Bulit In analog I/O.

10 thoughts on “Cara Penyambungan Sensor Analog pada PLC Omron Type Compact

    1. Eka Samsul Post author

      misal 0-5 volt analog diubah menjadi 0 – 6000

      Reply
  1. Yuda azhar

    plc kan hanya bisa membaca 1 dan 0 sedangkan sensor itu kan nilainya variabel. Bagaimana caranya agar PLC dapat membaca sensor supaya dia tahu nilai dari sensor itu 0 atau 1?

    Reply
  2. ahmad

    biasa dibantu gan.
    saya punya masalah pada pembacaan nilai analog pada sebuah sensor. jadi pas dihubungkan ke plc, nilai analog yang dibaca plc selalu fluktuatif, padahal pembacaan sensor tetap. agar pembacaannya tidak fluktuatif dipasang apa ya? atau kalau bisa pake intruksi plc, pake intruksi apa?

    Reply
    1. Eka Samsul Post author

      untuk pembahasan lebih detail kita diskusi via email saja pak,
      terima kasih

      Reply
  3. Sutikno

    Saya bingung di bagian CIO 200, 201, dst. Bukanya special io antara 2000 – 2859 ?

    Reply
    1. Eka Samsul Post author

      Betul…
      untuk PLC Jenis Modular misalnya CJ Series, Special IO ada di 2000 ke atas. Bisa dibaca di artikel penyambungan sensor analoh untuk PLC Modular.
      Tapi untuk yang type Compact, misalnya CP1L atau CP1H, memory IO nya beda dengan Modular.
      Input ada di Word 0 hingga 99, Output ada di 100 dst,
      untuk lebih lengkap silakan cek di Manual book nya CP1 Series

      Reply
  4. aries

    kalau cara aktifkan yang DA bagaimana bos kalau yg diatas kan AD nya ya alias inputnya

    Reply
    1. Eka Samsul Post author

      Langkah-langkah nya mirip kayak gitu juga, hanya kita perlu aktifkan enable bit d program PLC nya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *