Cara Mengubah Pengaturan Waktu Timer Secara Online pada PLC Omron

By | 07/08/2017

Pengaturan waktu timer atau Set Value Timer saat menggunakan Instruksi timer umumnya dilakukan dengan menggunakan nilai konstan (konstanta). Misalnya pada pemrograman PLC Omron, instruksi timer diisi dengan memasukkan perintah TIM [spasi] 0 [spasi] #30. Maka instruksi timer akan beroperasi dengan set value 3 detik (30 dikali 0.1s).

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Baca juga: Instruksi Timer pada PLC Omron

Namun ada beberapa program PLC yang mengharuskan pengaturan  waktu timer dapat dibuat fleksibel atau sesuai kebutuhan tanpa harus menghentikan mesin lalu merubah program utama PLC. Maka nilai konstanata #30 harus dirubah menjadi sebuah variable address. Variable address paling mudah yang dapat digunakan sebagai pengaturan  waktu timer adalah Data Memory. Misalkan alamat data memori yang akan digunakan pengaturan  waktu timer adalah alamat D100, maka perintah yang dimasukkan adalah TIM [spasi] 0 [spasi] D100. Lihat gambar di bawah.

Pengaturan waktu timer dengan Data Memori

<<Gambar 1. Pengaturan waktu timer dengan Data Memori>>

Perlu diperhatikan bahwa pengaturan  waktu timer TIM menggunakan tipe data Word BCD. Sehingga tipe data yang dimasukkan atau disimpan pada D100 juga harus berupa nilai BCD. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa TIM hanya bisa diatur pada rentang nilai #0000 hingga #9999. Tipe data BCD pada pemrogramman PLC Omron ditandai dengan # di depan angka (#30). Beda halnya jika menggunakan perintah TIMX, pengaturan  waktu timer menggunakan tipe data Unsigned Integer (UINT) Biner. Maka pengaturan waktu timer TIMX adalah antara &0 hingga &65535. Tipe data Biner pemrogramman PLC Omron ditandai dengan  & di depan angka (&30).

Baca juga: Tipe bilangan dan Data pada PLC Omron

Baca juga: Konversi Bilangan dan Data

Perhatikan contoh gambar di bawah ini.

Pengaturan waktu timer dengan Simulasi PLC

<<Gambar 2. Simulasi pengaturan waktu timer secara online>>

Dalam status Mode Simulasi, kita dapat mengubah isi dari D100 dengan nilai BCD (#0000 hingga #9999). Secara otomatis nilai yang akan tampil pada Set Value TIM adalah nilai BCD yang anda masukkan. Jika nilai tersebut masih berbeda, anda dapat mengubah tampilan view angka dengan memilih tampilan monitoring data type. Karena default dari CX Programmer menampilkan dalam Biner, jika anda masukkan #30 maka yang akan tampil adalah 48. Pilih View > Monitoring Data Type > Pilih Decimal atau Signed Decimal atau Monitoring in Hex. Pilih Monitoring in Hex untuk menampilkan data BCD, karena sebenarnya BCD adalah bagian dari data Hexadecimal, bedanya Hexadecimal memiliki rentang lebih panjang (#0000 hingga #FFFF).

Cara lain adalah dengan menggunakan Perintah Mov. Hal ini dapat dipilih jika pengaturan waktu timer diambil dari nilai data memory tertentu yang sudah ada pada progam. Misalkan dari hasil perhitungan sebelumnya atau proses sebelumnya.

engaturan waktu timer dengan Mov data memory

<< Gambar 3.Menggunakan perintah Mov untuk mengisi Data memori sebagai Set Value>>

Dalam penerapannya, pengaturan secara online ini dilakukan dengan memanfaatkan Human Machine Interface (HMI). Anda dapat menyediakan 1 screen sebagai halaman Setting parameter. Perhatikan gambar di bawah ini.

<< Gambar 4.Pengaturan waktu Timer melalui layar HMI>>

Setelah membuat screen Setting parameter, anda dapat memasukkan Label dan Display Numeral Input melalui Button berwarna Orange. Tulis label sesuai dengan nama pengaturan. Kemudian double Click pada Numeral Display Input (kotak warna kuning), sehingga tampil menu pengaturan. Ubah Numeral Display Type (kotak biru) sesuai kebutuhan. Untuk timer TIM anda memerlukan display Decimal dengan penyimpanan sebagai BCD 1 word (#0000 – #9999). Kemudian pada Address (kotak ungu), sesuaikan alamat Data Memory sumbernya dengan Double Click Set3, lalu masukkan Address DM dengan word 100 (D100). Dengan demikian, saat HMI anda terhubung dengan PLC salam status Mode RUN, maka nilai yang anda masukkan pada kotak kuning akan dikirim ke D100 dan menjadi Set Value Timer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *