Belajar PLC Dasar tentang Instruksi Counter untuk Pemula

By | 05/02/2017

Dalam belajar PLC, selain Timer terdapat pula instruksi Counter. Sistem penghitung (Counter) sebenarnya telah ada dalam bentuk hardware tersendiri seperti halnya dengan Relay dan Timer, lihat gambar di bawah. Counter adalah Salah satu loncatan besar yang dilakukan oleh sistem otomasi industri atau otomatisasi industri yang membantu salah satunya dalam poses pengemasan barang.

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Sebagai contoh, dalam satu box tertentu ingin diisi sejumlah produk. Saat masih menggunakan tenaga manusia boleh jadi kesalahan jumlah produk yang masuk dalam box masih dapat dihindari, namun faktor kelelahan pada manusia bisa menyebabkan kecepatan kerjanya berkurang.

counter Belajar PLC Omron

Baca : Perangkat Kendali Dasar Sistem Otomasi

Yang akan dibahas di sini adalah tutorial PLC tentang bagaimana pengoperasian Counter yang ada pada PLC. Sebagai bahan diskusi, pembahasan tentang counter mengambil contoh instruksi counter pada PLC Omron. Sebetulnya ada 2 jenis counter utama pada PLC Omron, yaitu Counter hitungan menurun  dan Rewersible Counter. Dari 2 jenis counter tersebut dapat dibedakan lagi menjadi counter dengan pengaturan Set value BCD dan Set value Binary.

Baca : Sistem Bilangan dan data pada PLC

Instruksi counter yang paling sering dipelajari baik pada Training PLC maupun buku-buku Tutorial PLC adalah jenis counter menurun dengan pengaturan BCD. Hal ini dipilih karena paling mudah digunakan dan diajarkan. Berikut ini adalah blok pengaturan instruksi Counter pada PLC Omron CP1E :

counter PLC Omron belajar PLC dasar

Gambar di atas adalah instruksi paling umum untuk counter, yaitu menggunakan Set value tipe BCD, dengan demikian nilai yang dapat dimasukkan adalah #0000 hingga #9999. Jika anda menghendaki nilai pengaturan counter dapat diubah-ubah selama proses operasi sistem, anda dapat memberi alamat Data Memory tertentu (misal D100) pada Set Value sehingga berapa pun nilai yang terdapat pada D100, maka itu lah yang akan menjadi Set Value counter. Namun pengaturan counter dengan variabel belum disinggung saat belajar PLC dasar. Gambar di bawah ini menunjukan prinsip kerja Counter.

Counter PLC Omron Belajar PLC dasar

Mula-mula PV akan bernilai sama dengan Set Value yang telah diberikan. Nilai PV akan turun sebanyak 1 satuan setiap kali Input Counter berubah dari OFF menjadi ON. Counter akan aktif (ON) saat nilai PV mencapai 0. Begitu counter aktiv, maka counter akan mempertahankan kondisinya (terus ON) hingga Reset Counter diaktifkan (ON). Penting untuk diperhatikan bahwa counter tidak akan mulai menghitung saat Input Counter diaktifkan jika Reset Counter masih ON.

Nilai PV dari sebuah counter akan terus disimpan walaupun supply daya nya dimatikan, ini yang kadang tidak/belum dipahami oleh programmer PLC pemula, sehingga membingungkan saat hitungan dianggap belum mencapai Set Value ternyata counter telah aktif. Untuk menghindari hitungan lanjutan dari data lama yang masih tersimpan, counter harus direset terlebih dahulu sebelum memulai hitungan baru, seperti ditunjukkan pada gambar di atas. Atau dengam menggunakan First Cycle Flag (A200.11) secara paralel pada Reset Counter.

Demikian pembahasan tentang instruksi counter, semoga memberi manfaat bagi anda yang ingin atau sedang belajar PLC, atau sebagai dasar sebelum anda memutuskan mengikuti Pelatihan PLC. Silakan hubungi admin jagootomasi.com jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan lebih lanjut tentang otomasi industri terutama tentang tutorial PLC.

5 thoughts on “Belajar PLC Dasar tentang Instruksi Counter untuk Pemula

  1. Belajar PLC

    Terima kasih gan tutorial tentang programmable logic control nya, kebetulan blog saya juga membahas tentang PLC

    Reply
    1. Eka Samsul Post author

      siip, sama-sama gan. kita bisa saling menungjungi dan share ilmu gan..

      Reply
    1. Eka Samsul Post author

      monggo, silakan…
      semoga bermanfaat

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *