Belajar PLC dan Belajar Otomasi Industri dengan Software Simulasi PLC

By | 05/09/2016

Otomasi adalah salah satu bidang yang saat ini hampir bisa dikatakan menjadi kebutuhan pokok bagi industri yang bersaing dengan skala Nasional maupun Internasional. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Otomasi di bidang industri mampu mendongkrak kapasitas produksi, efisiensi sistem, kehandalan informasi dan yang paling penting faktor kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan.

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Perkembangan otomasi industri mendorong karyawan maupun calon karyawan seperti siswa SMK dan mahasiswa untuk dapat menyesuaikan ritme kompetensi agar tetap dapat bersaing di dunia industri. Salah satu hal pokok yang menjadi nyawa bagi otomasi industri adalah PLC. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi calon tenaga kerja, antara lain sebagai berikut :

  • Pengangguran sarjana atau lulusan universitas pada Februari 2013 mencapai 360 ribu orang. Jumlah ini, menurut BPS setara dengan 5,04 persen dari total pengangguran yang mencapai 7,17 juta orang. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (saat itu) Muhaimin Iskandar mengatakan, cukup banyaknya pengangguran dengan tingkat pendidikan tinggi itu membuat para sarjana tidak dapat hanya mengandalkan ijazah dalam mencari pekerjaan. Mereka harus membekali diri dengan kompetensi dan keterampilan kerja yang baik sehingga dapat terserap dengan pasar kerja dengan cepat. (Sumber : Republika, 30 Mei 2013).
  • Penggunaan teknologi otomasi oleh banyak lembaga dan mayoritas perusahaan besar dewasa ini yang notabene sebagai salah satu jawaban atas kenaikan upah tenaga kerja membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang dapat mengoperasikan dan menjalankan system kendali otomatis tersebut.
  • Untuk mencetak lulusan yang memiliki kompetensi pada bidang Elektro terutama Otomasi, dibutuhkan pelatihan-pelatihan aplikatif bagi calon sarjana untuk sehingga kualitas tenaga kerja yang unggul dalam hal teknis operasional maupun perencanaan dapat dipersiapkan dengan baik.
  • Programmable Logic Controller (PLC) sebagai piranti kendali paling umum yang ada di industri memiliki peran sangat penting dalam bagi lulusan teknik elektro yang bersiap masuk ke dunia industri.

Dengan demikian, pengetahuan tentang PLC sangat diperlukan. Terdapat banyak metode dan cara untuk dapat belajar PLC atau belajar Otomasi Industri. Secara formal, jika anda mahasiswa maka anda bisa mendapatkan di lingkungan perguruan tinggi melalui mata kuliah PLC atau mata kuliah Otomasi Industri. Bila anda karyawan atau masyarakat umum, anda bisa mengikuti training PLC atau training Otomasi yang diselenggarakan oleh banyak penyedia jasa training. Tutorial PLC maupun tutorial Otomasi saat ini juga dapat anda temukan dengan mudah di dunia maya.

Namun, yang sering menjadi kendala adalah ketersediaan hardware PLC dan fleksibilitas software PLC untuk dapat melakukan simulasi, karena tidak semua sofware PLC dilengkapi dengan fitur simulasi PLC atau simulasi Otomasi. Fitur simulasi ini cukup penting bagi pemula untuk memastikan program yang dibuat dapat bekerja dengan benar atau tidak. Hardware PLC termasuk perangkat yang mahal, begitu juga dengan training PLC, rata-rata mematok tarif 700 ribu hingga di atas 2 juta.

Saat ini telah ada software simulasi PLC dan Simulasi otomasi Industri yang dikembangkan oleh Mitsubishi Elektrik. Selain dapat diperoleh dengan gratis, software simulasi PLC ini telah mencukupi untuk tahap awal mengenal PLC dan melakukan simulasi pemrograman.

trainer PLC

Trainer PLC

Software simulasi PLC ini memiliki beberapa keunggulan antara lain :

Penyusunan level training

Level pembelajaran telah disusun dengan urutan pengenalan PLC, Basic Programming hingga Advanced. Hal ini akan memudahkan peserta training dalam memahami tingkatan pemrograman untuk kemudian dapat mengembangkannya lebih lanjut.

Level Pembelajaran

Pemrograman dengan bahasa Ladder Mitsubishi

Software simulasi PLC ini memiliki bahasa pemrogramman yang sepenuhnya sama dengan bahasa Ladder pada PLC Mitsubishi. Kebanyakan software simulasi PLC tidak memiliki bahasa pemrograman yang nyata seperti bahasa yang jamak digunakan PLC di industri, diantaranya menggunakan Intructor List, Structure Text, atau Ladder dengan bahasa Microcontroller.

Ladder diagram

Menjawab kendala hardware PLC

Tidak semua software PLC dibekali dengan fitur simulasi dalam PC, sehingga harus dijalankan pada hardware PLC untuk mengetahui kinerja program yang telah dibuat. Sedangkan pengadaan hardware PLC bukanlah harga yang murah.

Hardware PLC Vs Simulasi

Simulasi Input dan Output Melalui Operating Panel

Beberapa software PLC yang memiliki fitur simulasi program tidak memiliki tampilan input atau output seabgai representasi panel kendali. Software simulasi PLC ini memiliki semuanya mulai dari indikator bit input/output, tombol push button, selector switch dan lampu.

Control panel

Ilustrasi 3 dimensi sebagai penggambaran kerja Input dan Output

Software simulasi ini dilengkapi dengan pembacaan sensor, ilustrasi lengan robot, konveyor dan gerakan benda kerja.

Simulasi PLC dan Simulasi Otomasi

Untuk pemahaman lebih jauh tentang PLC dan otomasi tentu diperlukan lebih dari sekedar software simulasi, namu berupa praktek nyata menggunakan PLC.

Silakan download dengan klik pada link Software simulasi PLC berikut, jangan lupa untuk membagi informasi ini kepada teman – teman lain yang tertarik pada Otomasi Industri dan PLC.

terima kasih.

 

Category: PLC

7 thoughts on “Belajar PLC dan Belajar Otomasi Industri dengan Software Simulasi PLC

    1. Eka Samsul Post author

      Siip bro Danang Pratama, semoga bermanfaat untuk belajar PLC

      Reply
    1. Eka Samsul Post author

      Sama2 mas Rahman, semoga bermanfaat.
      Jangan lupa bagi2 bwt temen2 yg lain

      Reply
  1. Andri

    Izin mas. Saya download sotfware simulasi plc . TQ

    Reply
  2. Nana

    Saya sangat ingin belajar PLC, mohon Idzin Download Pa, haturnuhun

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *