Apa itu HMI dalam Sistem Otomasi Industri?

By | 14/03/2017

Apa itu HMI?

Human Machine Interface adalah suatu sistem yang menghubungkan antara manusia dan teknologi mesin. Sistem HMI sebenarnya sudah cukup popular di kalangan industri. Pada umumnya HMI berupa komputer dengan display di Monitor CRT/LCD dimana kita bisa melihat keseluruhan sistem dari layar tersebut.

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Layaknya sebuah komputer, HMI biasanya dilengkapi dengan keyboard dan mouse dan juga bisa berupa touch screen. Tujuan dari HMI adalah untuk meningkatkan interaksi antara mesin dan operator melalui tampilan layar komputer serta memenuhi kebutuhan pengguna terhadap informasi sistem yang sedang berlangsung.

Terdapat banyak cara untuk membuat sebuah tampilan HMI seperti dengan aplikasi Visual Studio hingga dengan Hardware Touch Screen Panel. HMI akan memberikan suatu gambaran kondisi mesin yang berupa video, grafik, lampu dan lain-lain. Dimana pada tampilan tersebut operator dapat melihat parameter suatu system yang sedang beroperasi.

Baca juga : Dasar Pemrograman PLC

Apa itu HMI dalam Dunia Industri

HMI dalam industri berupa sebuah tampilan layar komputer yang akan dihadapi oleh operator mesin maupun pengguna yang ingin mendapatkan data kerja mesin. Dalam penerapannya di industry Touch Screen Panel HMI lebih umum digunakan, karena kemudahan dalam pemrograman dan ketahanannya di lingkungan kerja industry. Gambar  di bawah menunjukkan contoh HMI yang lazim digunakan di industry.

Pada HMI juga terdapat visualisasi pengendali mesin berupa tombol, slider dan sebagainya yang dapat difungsikan untuk mengontrol atau mengendalikan mesin. Selain itu dalam HMI juga ditampilkan alarm jika terjadi kondisi emergency dalam sistem. Beriku fungsi lain dari HMI :

  1. Mengawasi, dimana kita dapa mengawasi kondisi plant secara real time tanpa perlu keluar dari ruang kontrol.
  2. Pengaturan (berdasarkan level keamanan) dimana kita dapat merubah pengaturan misal pengaturan alarm untuk high priority dan low priority.
  3. Alarm, disediakan Alarm History dan Summary. Sehingga nantinya kita bisa memilih alarm-alarm aa saja yang aktif dan bisa mendapatkan alasan atau pesan kenapa suatu sistem tiba-tiba mengalami trip atau mati.
  4. Menampilkan grafik dari sebuah proses, misal temperatur dari sistem yang bersangkutan.

HMI Touch Screen Panel diproduksi oleh banyak merk perusahaan otomasi seperti Omron, Mitsubishi, Keyence, Siemens dan lainnya dimana diperlukan software khusus untuk pengisian programnya. HMI umumnya dipasangkan dengan PLC, namun demikian keduanya tidak selalu harus berasal dari merk yang sama asalkan memiliki tipe komunikasi yang sama. Komunikasi standard yang dimiliki oleh HMI untuk berkerja bersama PLC adalah komunikasi serial.

Gambar di atas menunjukkan HMI yang diprogram dengan menggunakan PC melalui kabel USB dan berkomunikasi dengan PLC dengan kabel serial RS 232. Yang perlu diperhatikan adalah pengaturan komunikasi serial antar ke dua komponen tersebut. HMI dapat mengakses alamat bit bit dalam PLC untuk difungsikan sebagai tombol atau display lampu. HMI juga dapat mengakses memory data pada PLC, sehingga data tersebut dapat ditampilkan menjadi grafik, level meter dan lain -lain.

Baca juga : Data pada Pemrograman PLC

Demikian penjelasan tentang HMI sebagai perannya di dunia industri. Pembahasan lebih lanjut tentang pengoperasian dan pemrogramman HMI akan dibahas pada artikel mendatang.

One thought on “Apa itu HMI dalam Sistem Otomasi Industri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *