4 Jenis Robot Industri Paling Populer

By | 12/03/2017

Apa yang anda bayangkan jika mendengar kata robot? sebuah teknologi canggih? Memiliki tangan dan kaki menyerupai manusia? Lalu bagaimana dengan robot industri?

BUKA PANDUAN LENGKAP PLC DASAR OMRON

Memang sebagian besar presepsi tentang robot adalah berbentuk menyerupai manusia, padahal sebagian besar robot justru sama sekali tidak mirip dengan manusia. Sejak tahun 1954 robot pertama dibuat secara khusus untuk kepentingan industri oleh George Devol hingga saat ini, robot berkembang sangat pesat dalam hal jumlah maupun teknologinya.

Baca juga : Download Software Simulasi PLC

Robot industri dapat menjadi solusi bagi tingkat produksi yang tinggi karena dapat dioperasikan terus menerus, secara fleksibel dapat diprogram yang dipercaya kehandalannya dibanding manusia dan memungkinkan untuk dihubungkan dengan perangkat kendali lainnya seperti PLC, komputer dan lain-lain.

gambar 1 robot industri dan manusia

Tingkat kerumitan kerja, beban yang harus diangkat oleh robot, dan tingkat kepresisian kerja robot ikut andil dalam menentukan bentuk dan tipe lengan robot. Berikut ini adalah bentuk Robot industri paling umum digunakan, sebagai referensi adalah produsen robot Adept Omron.

1. Robot Cartesian

Robot industri ini memiliki 3 linear join X, Y dan Z yang berada saling tegak lurus membentuk sistem koordinat Cartesian. Robot ini dapat dikatakan sebagai model gerakan paling sederhana karena hanya mengandalkan linear join. Kelemahannya adalah memerlukan ruang yang cukup besar untuk lengan –  lengannya. Aplikasi paling populer adalah pada mesin Computer Numerical Control (CNC). Berikut adalah robot Cartesian sebagai Mini CNC.

Gambar 2 robot industri cartesian

2. Robot SCARA

SCARA adalah singkatan dari Selective Compliant Assembly Robot Arm. Pertama kali dibuat oleh perusahaan USA bernama Adept pada 1984. Robot industri ini memiliki basis ruang kerja silinder. Sistem penggerak robot SCARA tersambung secara langsung pada lengan tanpa gear atau sistem belt, sehingga membuat mekanisme gerakannya bekerja cepat, simple namun tetap akurat. Robot ini banyak digunakan sebagai robot aseembly part dengan ukuran yang kecil degan kecepatan sedang. Berikut adalah gambar Robot SCARA Adept Omron tipe eCobra:

[2] robot industri scara

Baca Juga : Penyambungan Sensor Digital pada PLC

3. Robot Delta

Robot delta adalah robot industri dengan sistem paralel 3 lengan dimana memiliki 3 pengerak motor pada ujung tiap lengan. Kombinasi pasangan lengan dan sendi pada Delta robot memungkinkan untuk melakukan gerakan pada ruang kerjanya dengan kecepatan yang tinggi. Pada awal pembuatannya di tahun 1998 robot ini mampu melakukan pick and place 120 object dalam 1 menit dengan kecepatan gerakan 10m/s. Inilah robot paralel dengan kecepatan paling tinggi namun tetap presisi. Robot ini banyak digunakan pada industri pengemasan makanan, liquid filling pada industri farmasi atau part assembly diindustri elektronika. Berikut adalah gambar Robot Delta milik Omron :

 robot industri DeltaRobot

4. Robot 6 axis

Robot 6 axis dengan bentuk menyerupai huruf Z ini adalah terobosan bentuk manipulator yang revolusioner, karena keluar dari pakem sistem paralel mau pun silindris. Dengan adanya 3 rotari axis dan 3 translasional axis membuat robot industri ini sangat fleksibel dalam bergerak dengan ruang kerja yang luas namun menempati ruang yang lebih sempit. Dengan power motor yang kuat, robot ini mampu dibebani cukup tinggi sebagai alat loading atau handling. Flesibilitas gerakannya membuat robot ini cocok untuk tugas rumit seperti pengelasan. Jenis robot ini memiliki populasi paling banyak di industri manufaktur. Berikut adalah gambar Robot 6 axis milik ABB:

robot industri 6 axis

 

Itulah 4 jenis robot industri yang paling populer di dunia industri. Adapun jenis – jenis robot lain turut mengisi dan berperan sesuai spesifikasi kebutuhan produksi. Hingga saat ini, populasi tertinggi robot berbanding manusia di ranah industri dipegang oleh negara Jepang, sedangkan secara bentuk industri tertinggi digunakan oleh sektor Otomotif.

Baca Juga : Kendali Motor Listrik 3 Phasa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *